Tradisi Bersih-Bersih Desa, Danramil Ngawen Bersama Muspika Hadiri Pagelaran Wayang Kulit

    Tradisi Bersih-Bersih Desa, Danramil Ngawen Bersama Muspika Hadiri Pagelaran Wayang Kulit
    Tradisi Bersih-Bersih Desa, Danramil Ngawen Bersama Muspika Hadiri Pagelaran Wayang Kulit

    KLATEN - Danramil 08/Ngawen Kodim 0723/Klaten Kapten Inf Eka Atmaja beserta Muspika Kecamatan Ngawen menghadiri acara Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka bersih Desa di Desa Senden Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten, (23/09/2023).

     

    Tradisi bersih Desa merupakan tradisi turun temurun dari zaman leluhurnya yang diadakan setiap setahun sekali. Adapun kegiatan Bersih Desa yang dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan mengadakan selamatan syukuran dengan menyajikan hiburan berupa kesenian wayang kulit.

     

    Pada pagelaran Wayang Kulit bersih desa, Sekcam Hariyadi S.Sos, didampingi Kepala Desa Senden memberikan wayang kepada Ki Dalang Kusni Kesdik sebagai tanda dimulainya pagelaran kesenian wayang kulit dengan Lakon Wahyu Trimanggolo,  

     

    Dalam pagelarannya wayang kulit tersebut, Masyarakat sangat antusias dan penuh semangat adanya tradsi Bersih Desa, baik itu golongan tua atau muda semua ikut melaksanakan tradisi.

     

    Danramil 08/Ngawen Kapten Inf Eka Atmaja mengatakan bahwa acara bersih desa yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya adalah untuk menghibur masyarakat dan bertujuan untuk memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas semua rezeki yang telah diberikan serta keselamatan dan kemakmuran kepada seluruh warga masyarakat.

     

    “Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat sebagai wujud rasa syukur warga atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang, ” pungkas Kapten Inf Eka Atmaja. (Red)

     

    jateng klaten
    Budiyanta

    Budiyanta

    Artikel Sebelumnya

    Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Babinsa...

    Artikel Berikutnya

    Jelang Pemilu, Dandim Klaten Hadiri Latihan...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Prajurit TNI Koops Habema Respons Kebutuhan Penerangan Masyarakat Wilayah Papua
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali
    Dandim 1715/Yahukimo Kunjungi Koramil 1715-03/Kurima Untuk Mengecek Perencanaan dan Persiapan Renovasi Kantor Koramil Kurima